STAI Syamsul ‘Ulum Menguatkan Kerjasama dengan Pemkot Sukabumi

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi kedatangan tamu dari Pemerintah Daerah Kota Sukabumi, pada hari Selasa [16/03/2021] pukul 09:00 WIB, tamu diterima oleh Ketua STAI Syamsul ‘Ulum: Dr. H. A. Suganda, M.Ag., dan Pimpinan Program Sarjana/Pimpinan Pascasarjana program Magister di Ruang Rapat, Lt. 3 Gedung STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi.

Para tamu dari Pemda Kota Sukabumi yang terdiri dari Asisten Pemerintahan (pen:Asda 1): Bapak Tejo Condro Nugroho, A.P., M.T., Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat: Drs. Aang Zaenudin, M.M.Pd., Kepala Bagian Hukum: Hj. Lulu Yuliasari, S.H., Kunjungan tersebut bermaksud untuk shilaturahmi untuk menjalin sinergitas dan penjajakan kerjasama antara Pemerintahan Kota Sukabumi dengan STAI Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi.

Dalam kunjungannya Asda 1 menyampaikan alasan kunjungannya yang memilih ke STAI Syamsul ‘Ulum karena beliau melihat beberapa faktor: 1. Pesantren Syamsul’Ulum Gunungpuyuh adalah Pesantren tertua di Kota/Kab. Sukabumi; 2. Figur ketokohan pendiri Syamsul ‘Ulum K.H. Ahmad Sanusi (Alm.) yang merupakan tokoh nasional yang telah banyak mencetak tokoh Ulama dan Birokrat yang unggul di tingkat nasional; 3. STAI Syamsul ‘Ulum merupakan perguruan tinggi yang memiliki program studi yang berjenjang dan inier dari program sarjana dan program pascasarjana terkhusus memiliki program studi Hukum Keluarga Islam.
Beliau pun menegaskan sesuai jabatan yang beliau emban di bidang pemerintahan bahwa kedatangannya untuk bershilaturahmi, meminta nasehat dan do’a untuk senantiasa istiqamah dalam mengemban amanah pemerintahan “membuat kebijakan yang mensejahterakan masyarakat yang berpondasikan agama” sesuai dengan tagline Kota Sukabumi “RENYAH” (Religius, Amanah, Sejahtera) sehingga diharapkan terbangun kerjasama, sinergitas dan kolaborasi dengan STAI Syamsul ‘Ulum dalam menentukan kebijakan-kebijakan baik berupa Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwal).

Sambutan hangat pun diberikan oleh Ketua STAI Syamsul ‘Ulum dalam pertemuan tersebut, beliau merespon niat baik pemerintah daerah dengan menyampaikan beberapa hal:

  1. STAI Syamsul ‘Ulum sebagai Perguruan Tinggi Islam merupakan perguruan tinggi Islam harus menjadi bagian asset pemerintah daerah, karena posisi Perguruan Tinggi Islam akan menjadi “penyangga wilayah” yang berfungsi sebagai penjaga moralitas, stabilitas, dan harmoni sosial berlandaskan nilai-nilai agama.
  2. STAI Syamsul ‘Ulum sebagai Perguruan Tinggi Islam sesuai dengan amanat Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat) siap terlibat aktif dalam setiap pengambilan keputusan kebijakan publik yang adaptif, berlandaskan nilai-nilai agama yang dapat mendorong lahirnya pemerintahan profesional dan religius.

Selain itu beliau pun menyampaikan Transformasi nilai-nilai agama khususnya agama Islam dalam kebijakan Perda dan Perwal harus berlandaskan pada tiga unsur: maslahat, manfaat, dan hikmah. insyaAllah dengan memperhatikan unsur tersebut peraturan-peraturan yang diterbitkan ada dalam naungan ridho Allah Swt.

Pertemuan tersebut ditutup dengan menyepakati pembentukkan Tim Kajian antara STAI Syamsul ‘Ulum dangan Pemda Kota Sukabumi dengan menitikberatkan membahas peluang dan menjalin kerjasama dalam beberapa program diantaranya: pendidikan, hukum, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan ekonomi kreatif dan lainnya serta studi-studi kekinian yang berpondasikan nilai-nilai agama dalam bentuk kajian akademis.